Rabu, 10 Agustus 2011

SEJARAH TRIPIO COMPUTER


Indonesia telah merdeka dan pembangunan telah berjalan seiring dan sejalan dengan Tahapan Rencana Pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi dunia. Kemampuan sumber daya manusia semakin dituntut untuk selalu berkembang seiring dengan kemajuan jaman.
Namun demikian tidak semua generasi muda siap menerima kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karna banyak faktor, salah satunya adalah tidak punya kesempatan untuk menerima ilmu tersebut karna biaya dan lain sebagainya. Sehingga menyebabkan banyaknya pengangguran karna memang sumber dayanya tidak mumpuni atau tidak punya ketrampilan yang dibutuhkan oleh lapangan pekerjaan.

Hal inilah yang terjadi pada diri saya yang tidak punya bekal ilmu yang cukup untuk bersaing mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Sehingga setelah tamat SMA tidak ada pilihan lain kecuali merantau ke Jakarta, ikut tetangga, sebagai kuli bangunan pada tahun 1990 dan hampir satu tahun bekerja di Jakarta.
Dan pada tanggal 27 Nopember 1990 pulang dari Jakarta dan ikut temen SMA merantau ke Purwokerto menjadi pesuruh di sebuah lembaga kursus komputer di Purwokerto.
Sejak saat itulah saya mengenal tentang komputer dan hampir tiap malam sebelum tidur belajar komputer hingga larut. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk selalu belajar komputer terutama dengan pemprograman yang selalu bermain dengan logika yang menyenangkan, hingga suatu saat di beri kepercayaan untuk menjadi asisten Lab Komputer pada lembaga kursus tersebut. Dan pada tahun-tahun berikut nya meningkat menjadi Pengajar dan sekaligus pengelola lembaga tersebut.

Pada Tanggal 20 Maret 1994 lembaga tempat saya bekerja pindah ke Yogyakarta dan saya menjadi bingung karna mendadak tidak punya pekerjaan padahal hidup di perantauan jauh dari orang tua dan kerabat, terbayang bagaimana caranya makan kalau tidak punya uang, dan kalau pulang ke desa malu karena sudah lama merantau. Akhirnya pada tanggal 23 Maret 1994 saya membuka rental komputer dengan harapan untuk bisa bertahan hidup di perantauan.
Dengan bermodalkan 2 unit komputer milik sendiri dan 1 unit komputer milik temen aku pinjam, berdirilah rental komputer dengan nama TRIPIO COMPUTER, yang berasal dari kata TRI artinya tiga dan PIO=PIONEER artinya perintis, jadi berawal dari 3 unit komputer saya memulai usaha rental komputer di Jalan HR Bunyamin No.1 Purwokerto.

Seiring berjalannya waktu dengan semakin banyaknya pelanggan baik rental maupun privat dengan berbagai kendala terutama seringnya komputer rusak dan ketidakmampuan untuk memperbaiki maka terpaksa selalu memanggil teknisi komputer dengan biaya yang semakin berat. Maka pada tahun 1996 tercetuslah ide untuk membuka Kursus Teksni Komputer dengan harapan memberikan ilmu teknisi komputer kepada masyarakat luas khususnya Purwokerto agar tidak buta tentang teknisi komputer dan sekaligus saya sendiri bisa belajar teknisi yang berguna untuk mengatasi komputer yang rusak di Tripio sendiri sekaligus bisa menghemat biaya perawatan dan mengakiri ketergantungan pada teknisi luar.
Dengan slogan MENCETAK DOKTERNYA KOMPUTER, lembaga kursus teknisi komputer semakin ramai peminat karna memang baru satu-satunya yang ada di Kabupaten Banyumas dan sekaligus dampak positifnya adalah semakin banyak yang servis komputer di Tripio serta dampak lainnya adalah penjualan komputer bekas kepada pelanggan-pelanggan rental mulai terjadi.

Bak gayung bersambut, bersamaan dengan krisis moneter melanda Indonesia dengan kurs dolar yang melangit harga-harga komputer baru semakin tidak mampu terbeli oleh masyarakat Purwokerto dan sekitarnya, maka komputer bekas Eks Singapura menjadi pilihan masyarakat karna harganya yang terjangkau dan Tripio adalah satu-satunya yang menjual komputer bekas di Purwokerto. Dengan Slogan PUSAT KOMPUTER EKS SINGAPURA BERGARANSI penjualan komputer Tripio semakin ramai pembeli baik konsumen langsung maupun temen-temen bakul sebagai tempat kulakan.

Dan sekarang setelah situasi ekonomi stabil dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan komputer dan perangkatnya, dengan di bantu 35 orang karyawan, Tripio siap melayani untuk mencerdaskan masyarakat dengan menyediakan berbagai pilihan, diantaranya :
Devisi penjualan komputer bekas Eks Singapura, komputer baru, Laptop, net book dan e-pad dengan berbagai merek yang bisa di beli dengan kontan maupun di kredit.
Devisi pendidikan Teknisi Komputer 2 Bulan serta Private Office-Programer-Design Grafis.
Devisi servis komputer, laptop, printer, LCD Proyektor dan monitor CRT maupun LCD.
Devisi rental pengetikan yang bisa di tunggu langsung di kerjakan.

Demikianlah asal mula Tripio Komputer semoga bisa menjadi motivator bagi generasi muda agar bisa belajar hidup dan mengerti makna hidup dalam bermasyarat. Dengan selalu belajar, berdoa dan berusaha maksimal serta tidak mudah menyerah walau apapun kondisinya. Dan doa orang tua serta doa orang2 yang kami cintai adalah sangat memperlancar usaha kita, amin.

22 komentar:

  1. Maju Terus buat tripio Komputer ....

    mudah2an lebih kompetitif lagi karena di Purwokerto ternyata ada kompetitor yang lumayan berat ...

    Tripio punya kelebihan lengkap dan harga bisa ditawar

    BalasHapus
  2. Inspirasi hidup yang tidak semua orang memiliki. sesuatu yang diperjuangkan dengan penuh kesungguhan akan berakhir manis. Hebat maju terus 3pio dengan pak pri-nya :)

    BalasHapus
  3. salut buat pak pri... kegigihannya patut dicontoh anak2 muda...

    BalasHapus
  4. sukses pak bos juragan, semoga kelanjutanya kita bekerjasama dengan baik dalam hal penjualan komputer dsb yang besar dan continue, salut dan sangat salut, memang semuanya tidak semudah beyangan org, saya percaya dan sangat meyakini bahwa setiap kemajuan seseorang pasti dibaliknya da perjuangan atau bahkan air mata. semngat trus pak bos juragan pri dan bu supri

    andi riawan krisdianto

    BalasHapus
  5. minta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Minal aidin walfaidin, sepurane ya. Semoga kita sukses.

    BalasHapus
  6. salut...dari nol merintis sampai sekarang patut di contoh

    BalasHapus
  7. tidak ada kata lain buat juragan kita yang satu ini..orange ramah..selalu mau turun tangan membantu pelanggan...SALUTE....RECOMENDED SELLER GAN...

    BalasHapus
  8. andi zn.
    dua jempol dah... alias Te Oo Pe (TOP) banget. inspiratif untuk menjadi "Pioneer" usaha

    BalasHapus
  9. siiip mas pri, semoga menjadi inspirasi buat yang muda.

    BalasHapus
  10. Nah ... jadi makin kenal deh dengan Tripio .. sip.
    terima kasih atas share-nya.
    Semoga Tripio tetap menjadi toko komputer/laptop/hardware termurah dengan yang lainnya.

    BalasHapus
  11. saya termasuk fanatik sama tripio,,,

    tuku apa apa ming tripio,,
    bingung aku,,,

    Tapi sayang aku ga punya member.

    BalasHapus
  12. Mantaaaap Gan, sangat meng-inspirasi.
    Semoga GAMA computer'network Gandrungmangu bisa ikut ketularan Suksesnya Nich
    Makasih kerjasama dan kepercayaannya, salam buat pak Pri.
    Semoga kerjasama bisa terus terjalin.

    BalasHapus
  13. hebat,,, oya ada yg namanya yuyun,, dia pnter bgt ,, tw semua tntang speck'ny

    BalasHapus
  14. keren....sayang kartu membernya ga berlaku buat service...hehehe
    terimakasih tripio...bojoku tahun 2005 pernah belajar teknisi di tripio...
    Alhamdulillah sekarang bisa buat bekal hidup....

    BalasHapus
  15. Siip banget sejarahnya..! Mas Pri.. emang orangnya banyak inspirasi untuk maju dalam sejarah dulu aku rental ngeprint paling murah ya di Tripio walau Pitane Refil LX800 model Mas Pri.. kaya ngGelas Benang Layangan tapi hasilnya juga sama. tetap bagus. Saat berkunjung kerumah mas Pri 3 atau 4 tahun yang lalu ambil barang (ikutan usaha kecil-kecilan kaya mas pri) dan ngobrol2 orangnya tetep aja seperti tahun 90-an walau sudah jadi besar dan sukses, tidak sombong, enak diajak kerjasama dan mbaknya (istrinya) juga ramah sama kaya mas Pri. dan satu lagi..Mas Pri bisa kasih banyak ide. SUKSES terus Mas Pri.

    BalasHapus
  16. SUKSES DAN BERKIBAR SELALU ...

    BalasHapus
  17. bos, brosurnya gabisa di donlot nihh

    BalasHapus
  18. Saloooeet bgt dach, sukses sll Mas Pri Tripio Pwt. Smoga sll diberi kelancaran

    BalasHapus
  19. Salam Sukses Buat OM PRI, Buat cabang di cilacap kota dong om.biar lebih deket kalo blanja

    BalasHapus
  20. Masukan juga pak pri..buka cabang juga di kecamatan Banyumas

    BalasHapus